Caramel Cake

Kue  Caramel

Kue dengan berbahan dasar Caramel banyak disukai orang . Selain karena rasanya yang enak dan manis namun dari segi tekstur sangat empuk. Kue Caramel sendiri dibuat dari bahan dasar gula yang di panas kan hingga menjadi karamel. Bolu Karamel termasuk salah makanan yang cukup terkenal dan telah ada sejak zaman dulu.  Banyak orang  yang menyebut bolu ini dengan sebutan Bolu Sarang semut atau Honeycomb Cake. Bolu ini memiliki ciri khas dimana bolu ini akan terlihat seperti sarang semut ketika dipotong karena bentuknya yang memiliki banyak rongga. Jika sudah bertekstur seperti itu artinya bbolu yang dibuat berhasil. Lalu seiring dengan berkembangnya jaman kue caramel mulai dikombinasikan dengan berbagai macam campuran seperti caramel di campur dengan apel. Mau tau resepnya ? Yuk simak!

Kue  Caramel dengan lapisan krim chesse diatasnya

Bahan

Kue apel

420g tepung biasa
300g gula, dan juga 55g untuk apel
1 1/2 sdt campuran apel giling atau bahkan pai labu
2 sdt baking powder
1/2 sdt bikarbonat
1 sdt natrium besar
4 apel emas besar yang enak, kupas, buang bijinya, dan diiris
3 butir telur besar
125ml minyak
125ml asam
Kulit jeruk parut 1 jeruk
Ekstrak 1 jeruk
1 sdm vanila alami

Untuk caramel gula

110 gram gula pasir
1 sdm sirup emas
2 sdm taburan
Lotion ganda 120ml
75g pecan, panggang dan kira-kira diiris
1/2 sdt vanila alami yang penting
Peras natrium
Perangkat unik: penggorengan bundt besar

Tips Agar Kue Tidak Gosong

  • Gunakan gula putih yang bersih. Selain gula putih akan menghasilkan kegosongan kerna hanya gula putih yang bisa di jadikan karamel. Apabila gula yang di lelehkan gosong akan terasa pahit dan kurang enak.
  • Jangan dicampur meskipun sudah cukup meleleh, karena kemungkinan gulanya masih mengkristal. Dan kalau diaduk, justru akan membuat karamel yang sudah di buat menjadi beku. Ratakan panci dengan cara lain selain mengaduk misalnya menggoyangkan.
  • Tidak perlu ragu untuk mengangkatnya dari api saat karamelnya mencair, suhu karamel menjadi tinggi dan cepat gosong jika terus dipanaskan diatas api. Maka dari itu, begitu gula menjadi cair seluruhnya, angkat karamel tersebut dari atas kompor akan mencium bau khas karamel dengan warna yang keemasan.
  • Setelah diaduk, masukkan air panas lalu masukkan beberapa gram mentega dan campur hingga semuanya tercampur rata. Lalu panaskan kembali  sebentar untuk meratakan karamel. Cek air dan mentega yang sudah di campur rata dan pastikan kalau sudah tidak ada lagi kotoran agar hasil karamelnya tetap bersih.
This entry was posted in SITUS HEALTH and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.